Wednesday , 27 October 2021

Langkah Buat Kartu Nikah Digital untuk Semua Pasangan Pengantin

Langkah Buat Kartu Nikah Digital untuk Semua Pasangan Pengantin – Serba-serbi digital memang membuat semua terlihat gampang, karena itu Kementrian Agama (Kemenag) juga manfaatkan tehnologi untuk tingkatkan service untuk pasangan pengantin. Disebut juga jika kehadiran Kartu Nikah berbentuk digital ini sebagai wujud keaslian yang lengkapi Buku Nikah. Anda telah mempunyai belum?

Ketentuan terkini dari Kemenang ini sudah di-launching semenjak bulan Mei 2021, dan dipandang sesuai Surat Dijen Bimas Islam bernomor B-2361/Dt.III.II/PW.01/07/2021 mengenai Kartu Nikah berbentuk digital. Dengan cara resmi surat itu diberi tanda tangan oleh Muhammad Adib Machrus sebagai Plt. Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam.

Arah Peralihan Buku Nikah jadi Kartu Nikah

Ini dilaksanakan sebagai usaha untuk memudahkan semua pasangan pengantin dalam menyiapkan arsip yang membutuhkan Kartu Nikah. Tidak kembali pada wujud buku, tetapi telah berbentuk digital dan dapat diciptakan seperti e-KTP yang gampang dibawa tiap melancong. Hingga semua pasangan pengantin diharap untuk memiliki, bukan hanya pasangan yang baru menikah pada bulan Agustus 2021 saja.

Anda dapat memperoleh service Kartu Nikah Digital ini di semua KUA (Kantor Masalah Agama) yang mempunyai akses ke Simkah (Mekanisme Info Management Nikah). Sekarang ini hampir 100 % KUA dapat terhubung simkah.kemenag.go.id dan Anda dapat memeriksa dengan bertandang ke KUA di tempat untuk dapat memperoleh Kartu Nikah berbentuk digital ini.

Faedah Kartu Nikah Berupa Digital

Muharam Marzuki sebagai Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kementrian Agama mengutarakan faedah dari Kartu Nikah berupa digital ini. Pertama, Anda dan pasangan suami/ istri akan mempunyai keringanan untuk terhubung data diri secara digital yang jelas lebih cepat prosesnya. Ke-2 , lewat Kartu Nikah berupa digital ini pengujian akan keaslian data pasangan akan makin gampang.

Baca Juga  Tips Trading Forex Profit Stabil

Pada Kartu Nikah berupa digital yang dapat diciptakan ini bakal tampil nama dan photo pasangan pengantin. Disamping itu, di kartu ini akan ada barcode yang berisi data diri komplet, terhitung tanggal menikah Anda dan pasangan suami/ istri. Ke-3 , Kartu Nikah Digital ini bisa dipakai sebagai mengantisipasi pada pemalsuan document pernikahan. Seperti akui tidak pernah menikah, rupanya dengan status janda atau duda, dan lain-lain.

Bahkan juga banyak pula kasus pasangan yang akan menikah, akui janda atau duda, rupanya masih jadi istri atau suami syah dari pasangan awalnya. Beberapa hal semacam ini bisa dijauhi dengan memakai Kartu Nikah berbentuk digital. Adapun faedah yang lain dapat dirasa oleh beberapa pasangan yakni tidak perlu cemas melancong berdua, karena keaslian Anda jadi pasangan yang menikah gampang untuk dilihat.

Langkah Buat Kartu Nikah Pasangan Pengantin Baru

Calon pengantin diwajibkan isi formulir registrasi nikah lewat Simkah situs dengan beberapa data yang legkap, dan nomor telephone dan alamat e-mail yang aktif. Karena, sekarang ini Kartu Nikah Digital masih juga dalam periode peningkatan, yang diperkirakan link pengunduhan melaui WA, tetapi harus dilaksanakan lewat e-mail. Hingga yakinkan ke-2 hal itu diisi secara benar dan aktif buat pengunduhan Kartu Nikah nanti.

Link pengunduhan Kartu Nikah akan dikirim sesudah pasangan pengantin usai melakukan ikrar nikah. Janganlah sampai terjadi kekeliruan data input, karena akan menghalangi proses akseptasi link Kartu Nikah. Lantas bagaimana dengan pasangan pengantin yang sudah lama menikah dan ingin punyai Kartu Nikah berbentuk digital ? Tenang saja, pasangan ini bisa juga mengurusinya di KUA di tempat.

Langkah Buat Kartu Nikah Pasangan Pengantin Lama

Baca Juga  Panduan berjualan Di Facebook Supaya Membuat Berjualan Laku, Tutorial Pemula

Anda yang telah lama mnikah diwajibkan untuk bertandang ke KUA tempat mengurusi data pernikahan waktu itu. Membawa Buku Nikah lama dan jumpai pengurus di situ untuk memperoleh kontribusi terhubung ke Simkah situs. Yakinkan KUA tempat Anda menikah dahulu sudah mempunyai akses untuk menolong data input pernikahan ke situs sah dari Kemenang. Bila KUA tidak dapat akses Simkah, karena itu berharap bersabar menanti.

Kartu Nikah Digital akan dikirim ke alamat e-mail yang didaftarkan pada Simkah situs, dan Anda akan memiliki. Ambil dan bikin seperti e-KTP, karena itu Kartu Nikah semakin lebih fleksibel untuk dibawa tiap Anda melancong. Kedatangan KArtu Nikah berbentuk digital ini diharap sanggup memberikan keringanan dan menangani pemalsuan document pernikahan yang umum terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *