Wednesday , 27 October 2021

Ketidaksamaan Samsung Galaxy Watch 4 dan 4 Classic, Kenali Saat sebelum Membeli!

Bersama dengan beberapa handphone baru yang hadirnya sudah diperhitungkan seperti Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3, Samsung dalam acara Galaxy Unpacked Agustus 2021 lalu umumkan dua smartwatch baru. Dua smartwatch baru itu ialah Galaxy Watch 4 dan Galaxy Watch 4 Classic, yang masing-masing ditarget menjadi suksesor Galaxy Watch Active 2 dan Galaxy Watch 3.

Walau sama sebagai arloji pandai, ke-2 nya punyai beberapa ketidaksamaan baik dari sisi design, harga dan feature. Agar semakin selengkapnya,langsung baca pembahasan berikut ini.

1. Detail


Pertama ialah detail yang garis besar benar-benar sama. Baik Samsung Galaxy Watch 4 atau Galaxy Watch 4 Classic, ke-2 nya sama dilengkapi oleh chipset Exynos W920 dengan fabrikasi 5nm bersama dengan RAM 1,5GB dan penyimpanan intern 16GB.

Ke-2 nya ada dalam versus Bluetooth-only dan LTE. Untuk battery, mode 44mm pada Galaxy Watch 4 dan 46mm pada Galaxy Watch 4 Classic punyai battery 361mAh, sementara mode 40mm pada Galaxy Watch 4 dan 42mm pada Galaxy Watch 4 Classic punyai battery 247mAh. Semua di-claim dapat bertahan sampai 40 jam.

2. Design


Sementara detail Galaxy Watch 4 dan Galaxy Watch 4 Classic, untuk bidang design, ke-2 nya punyai lumayan banyak ketidaksamaan. Galaxy Watch 4 lebih serupa Galaxy Watch Active dengan design yang lebih sporti dan bodi aluminium.

Sementara Galaxy Watch 4 Classic, lebih serupa dengan Galaxy Watch 3 dengan bodi stainless steel dan bezel yang dapat dirotasi untuk alat navigasi. Walau demikian, ke-2 nya sama mempunyai durabilitas MIL-STD 810G dan peringkat 5ATM + IP68 untuk tahan terhadap air/debu. Disamping itu, ke-2 nya datang dengan bermacam opsi tipe strap yang dapat disamakan dengan kemauan pemakai.

3. Monitor


Galaxy Watch 4 punyai dua mode yakni 40mm dan 44mm yang masing-masing datang dengan monitor Super AMOLED 1,2 inch dengan resolusi 396 x 396 dan Super AMOLED 1,4 inch dengan resolusi 450 x 450. Untuk Galaxy Watch 4 Classic, ada monitor Super AMOLED 1,19 inch dengan resolusi 396 x 396 di mode 42mm dan Super AMOLED 1,4 inch dengan resolusi 450 x 450. Untuk feature, monitor ke-2 nya sudah dilindungi dengan Gorilla Glass DX yang anti refleksi dan tahan guratan, dan always-on display sama dalam umumnya HP Samsung dengan panel Super AMOLED.

Baca Juga  Opsi Up-grade, 5 Handphone Rp3 Juta-an Terbaik Edisi September 2021

4. Software


Berpindah ke software atau mekanisme operasi, Galaxy Watch 4 dan Galaxy Watch 4 Classic berjalan pada One UI Watch 3 berbasiskan Wear OS 3. Sedikit informasi, Wear OS 3 sebagai mekanisme operasi untuk piranti wearable hasil kerjasama Google dan Samsung.

Beberapa fiturnya mencakup support untuk Google Maps lewat kompas bawaan yang tertancap, dan kompabilitas untuk bermacam program faksi ke-3 seperti Spotify, Adidas Running, Strava dan Calm. Keseluruhannya, kualitas atau software pengalaman yang dijajakan lebih baik dibanding Galaxy Watch awalnya.

5. Feature


Galaxy Watch 4 dan Galaxy Watch 4 Classic sama diperlengkapi dengan sensor BioActive sama yang tawarkan kelengkapan feature yang serupa seperti support untuk merekam detak jantung, tekanan darah, oksigen pada darah, formasi pada tubuh dan banyak. Untuk feature kesehatan, ke-2 nya termasuk punyai feature yang paling komplet.

Disamping itu, ke-2 nya tawarkan GPS bawaan, feature pencarian olahraga dan pencarian kualitas tidur. Paling akhir, Galaxy Watch 4 dan Galaxy Watch 4 diberi dengan NFC untuk feature pembayaran digital seperti Samsung Pay.

6. Harga


Sama dengan umumnya produk Samsung, Galaxy Watch 4 dan Galaxy Watch 4 Classic dipasarkan sah di Indonesia. Untuk harga, Galaxy Watch 4 dibandrol pada harga Rp2,sembilan juta untuk mode 40mm dengan opsi warna Black dan Pink Gold, dan Rp3,empat juta untuk mode 44mm dengan opsi warna Black, Silver dan Green.

Sementara untuk Galaxy Watch 4 Classic, smartwatch dengan design classic itu dipasarkan pada harga Rp4,empat juta untuk mode 42mm dengan Bluetooth, Rp4,9 untuk mode 46mm dengan Bluetooth dan Rp5,sembilan juta untuk mode 46mm dengan LTE. Untuk variasi warna ada Black dan Silver di versus Bluetooth dan Black saja di versus LTE.

Baca Juga  Argumen Apple Gunakan Angka Apes iPhone 13 Bukannya 12s

7. Yang mana lebih pantas diputuskan?


Saat bicara berkenaan yang mana lebih pantas diputuskan, ke-2 nya sebetulnya sebagai smartwatch yang baik. Semua kembali lagi ke opsi design dan bujet. Galaxy Watch 4 pas buat mereka yang menyukai design minimalis, namun tetap kaya feature dari sisi harga dapat dijangkau.

Sementara Galaxy Watch 4 Classic lebih ditujukan fans smartwatch Samsung yang menyukai dengan bezel yang dapat dirotasi dan design yang lebih menarik. Walau memang tambah mahal, Galaxy Watch 4 Classic minimal tidak semahal Apple Watch Seri 6.

Itu barusan pembahasan berkenaan beberapa ketidaksamaan Samsung Galaxy Watch 4 dan Galaxy Watch 4 Classic yang harus dijumpai saat sebelum membeli. Dari 2 smartwatch itu, yang mana paling membuat kamu jatuh cinta?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *