Wednesday , 27 October 2021

8 Argumen Penting Kamu Harus Backup Data PC/Netbook

Apa kamu tahu sisi computer yang terpenting?

Ada banyak piranti-perangkat yang terpenting dalam suatu computer atau netbook. Beberapa elemen sebuah computer yang terpenting antaranya ialah RAM, Prosesor, Motherboard, VGA, dan HardDisk. Tetapi antara beberapa komponen itu mana menurut kamu yang terpenting?

Jika menurut saya sendiri terang HardDisk.

Karena harddisk ialah sumber penyimpanan dari semua data yang berada di dalam computer. Ya, mungkin harga harddisk tidak lebih mahal dibanding harga prosesor atau harga vga yang harga lebih mahal dibanding harga harddisk bila dibanding. Namun tetap saja, harddisklah sebagai pemegang semua data yang berada di dalam computer kamu.

Karena asumsinya, seperti sebuah brangkas besi yang sarat dengan uang, dan diletakkan dalam suatu rumah. Bila rumah itu remuk, karena itu tidak jadi masalah, brangkas barusan bisa ditolong dan uangnya dapat dipindah. Tetapi bila brangkasnya yang remuk, jadi tidak ada fungsinya kembali punyai rumah yang utuh, karena semua uang sudah lenyap.

Demikianlah harddisk. Bila computer kamu hancur vga-nya, ya tinggal membeli vga baru. Bila hancur prosesornya, ya tinggal membeli yang baru, karena beberapa data yang kamu taruh tidak lenyap. Tetapi apabila sudah harddisknya yang hancur, karena itu selesai telah hubugan ini. Ingin tukar vga atau prosesor, tetap datanya tidak ada.

Argumen Keutamaan Backup Data Computer

Di jaman yang bahkan juga mobilpun bisa terbang saat ini, data digital yang sejauh ini kita taruh dalam piranti computer, jadi hal yang paling dan penting. Karena tidak dapat disangkal kembali, nyaris seluruh orang telah memakai computer untuk lakukan tugas setiap hari. Bahkan juga kerjakan pekerjaan sekolah atau kuliahpun telah memakai computer. Karena itu automatis beberapa data yang kita taruh dalam computer itu ialah data yang perlu.

Dan data ini ialah hal yang paling bernilai. Karena data dapat berbentuk file penting seperti pekerjaan yang telah kalian lakukan beberapa bulan, proyek yang telah kalian lakukan sekian tahun, atau info yang telah kalian mencari dan taruh dengan kerja keras. Dan kalian taruh dalam computer, yang sudah tentu computer simpan data itu dalam harddisk.

Apabila harddisk computer kalian sampai hancur, karena itu tamat . Karena kekuatiran itu, dan sama sesuai pengalaman individu saya kehilangan data penting dari harddisk yang hancur, karena itu saya membuat artikel mengenai backup data computer ini. Artikel yang dengan judul 8 Argumen Penting Kamu Harus Backup Data Computer atau Netbook ini akan memberinya kamu argumen demikian keutamaan backup data.
Oleh karena itu silakan baca sampai akhir.

HardDisk Mati

Argumen pertama dan khusus yang jadikan keutamaan meng-cover data yang berada di dalam harddisk karena harddisk tersebut.

Harddisk kadang bisa jadi mendadak mati, atau mendadak hancur. Dapat itu karena penggunaan atau kekeliruan pemakai, atau kekeliruan dari harddisknya sendiri. Karena sama seperti yang saya rasakan tempo hari, walau sebenarnya computer ini barusan saya permainkan, kemudian saya tutup. Lantas saat saya membuka kembali dan coba dihidupkan, justru jadi error.

Sesudah saya coba googling, mencari di youtube, lah rupanya harddisk netbook saya ini telah mati. Tidak dapat bekerja kembali, tidak dapat hidup. Entahlah karena tidak ada daya, atau ada yang konslet.

Memang sich, salah saya , karena awalnya harddisk ini pernah terkena bad sector, yakni penyakit harddisk yang paling beresiko. Tetapi sesudah saya servis, netbooknya normal kembali dan tidak ada data yang lenyap dari dalam harddisknya. Tetapi selang beberapa saat, karena itu hadirlah peristiwa barusan. Harddisknya tiba-tiba mati keseluruhan.

Baca Juga  Ketidaksamaan Samsung Galaxy Watch 4 dan 4 Classic, Kenali Saat sebelum Membeli!

Ada beberapa factor yang dapat jadikan harddisk mendadak mati, dimulai dari umurnya yang sangat tua, juga bisa karena virus, atau karena kita kerap lakukan kekeliruan yang tersengaja atau tidak tersengaja, hingga membuat harddisk kerap corrupt dan pada akhirnya memilih untuk wafat.

Yang seramnya seperti peristiwa saya barusan, matinya mendadak, jadi lenyap sudah semuanya data yang berada di dalam harrdisk.

Nach, bila kalian tidak ingin terkenah peristiwa yang serupa dengan saya, karena itu silakan backup data computer atau netbook kalian secara benar.

Virus Ransomware

Virus bukan hal yang asing untuk kita sekarang ini. Ini karena telah makin beberapa orang yang memakai computer, makin hebat jaman, karena itu seperti kata peribahasa, bila ada kebaikan karena itu ada terburukan. Karena itu munculah beberapa orang tidak bertanggungjawab yang menyengaja membuat suatu virus yang bisa serang computer.

Dan tidak seluruhnya virus betul-betul beresiko. Ada virus computer yang tidak begitu beresiko, seperti virus hidden, yang bisa sembunyikan file hingga file jadi tidak terlihat, walau sebenarnya file itu tetap berada di dalam computer. Sampai virus yang paling go-international dan menakutkan seperti virus yang sejenis Ransomware.

Pernah dengar informasi mengenai virus computer WannaCry?

Virus ini betul-betul terkenal pada periodenya, dan betul-betul membuat sulit beberapa orang. Karena bila computer kalian terserang virus ini, karena itu semua data yang berada di dalam computer itu akan terkunci, tidak dapat dibuka, bahkan juga dengan apa saja. Apabila data itu ingin dibuka, karena itu kalian diminta untuk bayar uang ke sang pembikin virus, karena itu sang pembikin virus akan memberinya code untuk buka virus itu.

Bukan maen itu seramnya.

Karena demikianlah langkah kerja virus ransomware. Dia akan mengamankan semua data computer, dan minta pelunasan uang yang lumayan besar, atau data itu akan terhapus tetap bila tidak bayar pelunasan.

Dan antiknya terkadang kita sendiri tidak tahu dan tidak sadar darimanakah virus ini berasal. Bisa jadi kita sedang berselancar di internet, tidak menyengaja masuk ke sebuah situs dan download file di website itu, eh rupanya filenya ialah virus.

Karenanya, backup data yang terpenting, karena apabila sudah terserang, apa yang dapat dilaksanakan? Apa lagi bila antivirusnya tidak ada. Pasrah sajalah.

File Corrupt

Nach ini yang juga umum terjadi pada kita sebagai pemakai computer yang terkadang tidak patuhi ketentuan gunakan. Sudah pernahkah kalian alami file yang berada di dalam computer itu mendadak saja corrupt, tidak dapat dibuka?

Jika saya beberapa kali sudah peristiwa semacam itu, file yang semula bagus-bagus saja, besoknya dibuka kok justru ngeblank/tidak dapat dibuka/file tidak diketemukan.

Ini bisa saja karena kekeliruan kita yang terkadang sukai mematikan computer secara tiba-tiba. Misalkan cocok kembali mindahin file dari folder 1 ke folder 2, tetapi saat proses pemindahannya belum usai, kalian langsung mematikan komputernya. Karena mungkin cepat-cepat ingin pergi atau ada sesuatu hal yang tiba-tiba. Atau mungkin tidak menyengaja komputernya mati karena habis battery.

Baca Juga  7 Panduan Netbook Masih tetap Dingin saat Dipakai, Hindari Overheat

Dari kelalaian itu yang dapat membuat file corrupt. Bukan tanpa ada alasan, selain virus, sebetulnya kekeliruan pemakai computer jadi peran penting. Karenanya, selalu gunakan computer sesuai ketentuan. Tidak boleh mengalihkan file bila battery computer telah kritis, seharusnya dicas dulu. Dan tidak boleh mendadak mematikan computer, apa lagi bila sedang jalankan sebuah program atau sedang meindahkan data.

Bila file yang kalian punyai telah corrupt, apa lagi itu file penting seperti pekerjaan skripsi atau pekerjaan kantor yang perlu selekasnya dikumpul, karena itu apa yang hendak kalian rasakan? Ya, sakit hati.

File Terhapus Tetap

Kekeliruan yang ini tidak cuma kerap, tetapi seringkali. Khususnya untuk wanita, entahlah kenapa saya sering kali dengar peristiwa file yang berada di computer tidak menyengaja terhapus. Kok dapat sich sering kali tidak sengajanya, apa lagi yang terhapus itu file penting loh. Ya meskipun saya sendiri kerap.

Masih mending bila file barusan terhapus dan masih tetap ada dalam Recycle Bin, bila tidak ada? Apabila sudah terhapus secara tetap? Apa yang perlu kita kerjakan? Iya benar ada program yang bisa kembalikan file yang terhapus, tetapi harus diingat, tidak semua file dapat dibalikkan dengan program itu.

Iya benar benar ada jasa untuk kembalikan data yang tidak menyengaja terhapus, tetapi harga dapat juta-an sampai beberapa puluh juta, ingin?

Karenanya, belajarlah agar semakin waspada, dan selalu backup beberapa data yang menurut kamu penting. Seperti data skripsi, data pekerjaan deadline, atau data beberapa foto bersama bekas.

PC atau Netbook Lenyap

Argumen seterusnya kalian harus meng-cover data karena nasib tidak ada yang mengetahui.

Bencana bisa jadi terjadi meskipun kita mustahil inginkannya. Misalnya seperti kecurian, kan telah banyak kasus orang yang kecurian dan netbooknya lenyap. Walau sebenarnya dalam netbook itu banyak pekerjaan kuliah yang harus ditangani dan dikumpul. Tetapi yang bernama bencana, kita dapat apa selainnya pasrah dan usaha untuk sabar melawannya.

Sakit memang rasanya terserang bencana, tetapi minimal bila kalian telah mempersiapkan data dan meng-cover data dalam netbook barusan ke harddisk lain, karena itu minimal dapat sedikit lega. Kita dapat beli computer baru, dapat beli netbook kembali walaupun yang seken, tetapi beberapa data yang dibikin sepanjang beberapa bulan, bahkan juga sekian tahun. Beberapa foto yang sudah diletakkan sekian tahun. Beberapa video masa lalu bersama bekas, dengan keluarga. Semua tidak dapat dibikin ulangi. Tidak akan sama kembali.

Seperti sebuah jalinan, bila cinta dari salah satunya pasangan telah lenyap, karena itu rasanya jalinan itu tidak akan pernah sama kembali. Tidak akan pernah.

Karenanya, seharusnya backup data, ya.

Alami Musibah

Selainnya bencana kecurian, musibah kadang tiba tidak mengenal waktu dan tempat. Misalkan saja banjir, sudah pasti bila tidak cepat karena itu computer atau netbook kalian dapat kerendam banjir, dan pada akhirnya hancur keseluruhan. Semua data yang berada di dalam komputerpun turut terbenam, lenyap tidak tinggalkan tapak jejak. Mati dalam kegelapan banjir. Benar-benar memilukan sekali.

Atau bila kalian alami kecelakaan dijalan, dan netbook itu terbanting dengan benar-benar keras, hingga harddisk yang berada di dalam computer turut hancur. Jika sudah ini, siapakah yang ingin dituding. Namanya musibah, tidak seorangpun inginkannya. Karenanya, selalu betul kata peribahasa arif, lebih bagus meng-cover data harddisk saat ini, dibanding kehilangannya setelah itu.

Baca Juga  Apa Saja Kelebihan Dari Website Niche Tehnologi

Cadangan Bila Harus Install Ulangi

Selanjutnya yang menjadi keringanan bila kita meng-cover data penting yang berada di dalam harddisk ialah saat computer yang kita punyai error, dan mewajibkan untuk meng-install ulangi windowsnya. Apabila sudah terkait dengan install ulangi computer, sudah pasti bakal ada data yang dihapus, bakal ada data yang lenyap dalam computer.

Meskipun umumnya data yang lenyap saat computer harus diinstal ulangi ialah data C atau data mekanismenya saja. Tetapi seringkali orang simpan file-file keutamaan dalam DATA C, hingga bila data c dihapus, karena itu semua data penting barusan turut terhapus.

Karenanya seharusnya selalu taruh dan backup data kalian ke DATA D . Maka bila harus meng-install ulangi, langsung bisa saja pola data c-nya, dan silakan install ulangi saja sekarang ini.

Data Bisa Diambil Di Mana Saja

Jaman telah serba online, kerja bisa dilaksanakan di mana saja dan kapan saja.

Maka bila data kalian disimpan dalam computer yang ada di dalam rumah, dan kalian sedang ada di luar, jauh dari rumah, karena itu harus menyusahkan sekali kembali lagi ke rumah untuk ambil data itu.

Nach, dengan meng-cover data ke penyimpanan online seperti Google Drive, karena itu data kalian dapat kalian mengambil dimanapun serta kapan pun. Karena data barusan telah disimpan dalam internet, bila ingin ambilnya tinggal membuka saja google drivenya dan mengambil datanya. Yang paling penting kalian punyai koneksi internet, karena itu data itu dapat diambil kapan saja juga.

Pasti ini dapat mempermudah beberapa orang untuk percepat kerjanya. Dan mempermudah untuk share file ke seseorang. Apabila satu saat data yang berada di dalam computer kalian lenyap, atau computer/netbooknya hancur, karena itu data barusan masih tetap ada dalam penyimpanan online, dan dapat diambil kembali buat disimpan di computer.

Ringkasan dan Anjuran

Ringkasannya ialah kita harus menyiapkan segala hal untuk menghindar beberapa hal yang tidak diharapkan.

Saya sendiri telah belajar pengalaman dari. Dari netbook lama saya, yang datanya telah ada beberapa ratus GB. Data yang berisi beberapa foto keluarga, video masa lalu, lagu, beberapa artikel yang telah saya catat, pekerjaan sekolah, musnah telah dalam sekejap. Walau sebenarnya untuk kumpulkan beberapa foto itu memerlukan waktu sekian tahun, dan di lokasi yang berbeda.

Dan anjurannya ialah, selalu backup data kalian. Kalian dapat backup lewat cara online dengan penyimpanan gratis seperti Google Drive, Mega, OneDrive, dan ada banyak yang lain. Atau kalian bisa juga menyisihkan uang untuk beli sebuah Harddisk External untuk meng-cover beberapa data penting yang berada di dalam harddisk intern.

Keutamaan meng-cover data kerja, data pekerjaan sekolah atau kuliah, atau beberapa data seperti photo, video, lagu, program, dan beberapa data penting yang lain.

Ingat-ingatlah, bila netbook yang hancur, tinggal membeli baru dengan uang yang kita punyai, dapat membeli dengan harga terjangkau, tidak jadi masalah yang perlu berperan. Tetapi bila data yang hancur, semua beberapa foto dari tahun ke tahun, masa lalu, pekerjaan, akan musnah dan tidak ada yang dapat menggantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *