Wednesday , 27 October 2021

7 Panduan Netbook Masih tetap Dingin saat Dipakai, Hindari Overheat

Saat dipakai dalam waktu yang lama atau untuk tangani pekerjaan berat, temperatur netbook dapat naik terus. Bila netbook cukup panas, ini dapat turunkan performanya. Supaya perform netbook normal kembali, karena itu suhu netbook harus di turunkan dan dijaga supaya masih tetap dingin.

Ada beberapa langkah yang dapat kamu kerjakan untuk jaga temperatur netbook masih tetap dingin. Berikut ini akan diulas cara-cara simpel dan baik untuk mendinginkan netbook.

1. Simpan cooling pad di bawah netbook


Sisi bawah netbook mempunyai temperatur yang tertinggi karena di sanalah tempat elemen khusus netbook ada. Untuk jaga temperatur netbook masih tetap konstan, simpan cooling pad di bawah netbook.

Cooling pad mempunyai peranan jaga temperatur netbook supaya tidak gampang panas. Ada beberapa tipe cooling pad yang ada dan masing-masing mempunyai peranan pendingin yang berbeda. Untuk gamer misalkan, ada cooling pad yang mempunyai daya pendingin semakin kuat dibanding netbook untuk bekerja.

2. Stop program yang tidak dibutuhkan


Jumlahnya program yang jalan dapat membuat temperatur netbook cepat panas. Karena itu, kamu dapat kurangi beban CPU dengan hapus beberapa program yang tidak kamu gunakan.

Kenali CPU usage dengan mengeklik kanan pada taskbar, lalu tentukan task manajer, dan click performnce. Selanjutnya, tentukan program yang tidak kamu pakai dan click disable.

3. Simpan netbook di atas datar dan keras


Bila kamu menyimpan netbook di lokasi yang tidak datar, seperti kasur atau karpet, ini bisa mengakibatkan perputaran udara dalam netbook jadi jelek karena sirkulasinya tertutup. Mengakibatkan, netbook jadi cepat panas.

Maka lain waktu, saat bekerja dengan memakai netbook, pastikanlah kamu menyimpan netbook di atas yang keras dan datar, seperti meja atau lantai. Bila kamu memang seharusnya memakai netbook di atas kasur, pakai meja netbook portabel atau permukaan keras yang lain sebagai alas untuk menyimpan netbook.

Baca Juga  5 Referensi TWS Realme Terkini, Mulai Rp300 Beberapa ribu

4. Matikan netbook untuk beberapa waktu


Saat capek melakukan aktivitas, kita memerlukan istirahat atau tidur untuk beri kesegaran diri. Sama seperti dengan netbook, netbook perlu diistirahatkan sesudah dipakai dalam kurun waktu tertentu.

Jika netbook cukup panas sesudah dipakai sepanjang beberapa saat, karena itu kamu perlu mematikan netbook untuk sesaat. Dengan begitu, semua program yang berjalan di netbook akan stop hingga suhu netbook bisa turun dan nanti bisa kembali dipakai berperforma yang optimal.

5. Membersihkan lubang sirkulasi


Pada intinya, tiap netbook mempunyai penataan temperatur, yakni dengan keluarkan udara panas melalui lubang sirkulasi dengan kontribusi kipas. Namun, sesudah lama dipakai, kotoran dan debu bisa menimbun di lubang sirkulasi yang membuat perputaran udara tidak sebagus umumnya.

Supaya perputaran udara masih tetap baik, lubang sirkulasi ini perlu dibikin bersih dengan teratur supaya tidak ada sumbatan. Jika kamu dapat membedah netbook, kamu bisa juga bersihkan kipas dan elemen yang lain yang berada di dalam netbook.

6. Samakan penataan netbook


Untuk jaga temperatur netbook masih tetap konstan bisa juga dilaksanakan dengan sesuaikan penataannya. Misalkan, bila kamu bekerja sebagai pendesain grafis, editor video, atau gamer, kamu memerlukan netbook dengan detail lumayan tinggi untuk dapat memberikan dukungan tugasmu.

Ini supaya kerja netbook tidak begitu terbeban dengan program yang berat. Disamping itu, kamu bisa juga turunkan kecemerlangan monitor dan tutup program yang sedang tidak dipakai.

7. Tukar RAM sama yang semakin besar


Acak Akses Memori (RAM) ialah elemen penyimpanan dalam netbook yang mempunyai kekuatan membaca dan menulis yang cepat. Performa netbook lurus sebanding dengan ukuran RAM. Di mana makin besar ukuran RAM pada netbook, makin baik juga perform netbook.

Baca Juga  Langkah Kirim Video Durasi waktu Panjang Gunakan WhatsApp

Saat kemampuan RAM pada netbook penuh, karena itu temperatur netbook akan naik. Bila sejauh ini kamu berasa netbookmu cepat panas, kamu kemungkinan perlu menukar RAM dengan kemampuan yang semakin besar. Dengan kemampuan RAM yang lega, keinginannya netbook sanggup bekerja yang baik dan tidak gampang panas.

Demikian beberapa panduan simpel yang dapat kamu aplikasikan supaya netbook masih tetap dingin. Dengan jaga temperatur netbook masih tetap konstan, keinginannya netbook tidak cepat hancur serta lebih tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *