Wednesday , 27 October 2021

7 Fakta Unik Benua Antartika yang Belum Kamu Ketahui

 

Benua Antartika dikenali sebagai tempat terdingin di Bumi. Siapa kira benua ini punyai bukti-bukti mengagumkan.

Dikutip dari situs Aurora Expeditions, Jumat, 2 Juli 2021, Antartika yang berada di Kutub Selatan mempunyai daerah berbentuk susunan es selebar 14 juta km persegi. Kurang lebih bukti menarik apa yang dapat kita kenali dari Benua Antartika?

1. Beberapa Besar Air Tawar Dunia Berada di Antartika

Sekitar 60-90 % air tawar dunia terkunci dalam susunan es Antartika. Susunan es Antartika ialah yang paling besar di Bumi. Cuman 1 % daerah Antartika yang bebas es secara tetap. Bila es-es ini mencair, diprediksi permukaan laut globat akan naik sekitaran 60 mtr..

2. Antartika Sebetulnya ialah Gurun

Secara tehnis, gurun tidak harus panas atau berpasir, tapi yang jelas gurun harus terima sedikit curahan hujan tahunan. Di Kutub Selatan, rerata curahan hujan tahunan sepanjang 30 tahun akhir cuman 10 mm. Rendahnya rerata curahan hujan ini menjadikan gurun kutub.

3. Antartika Pernah Sehangat Melbourne

Beberapa periset memprediksi 40 sampai 50 juta tahun lalu, temperatur di Antartika capai 17 derajat Celcius. Mereka mendapati fosil yang memperlihatkan Antartika pernah tertutupi rimba hijau dan ditempati oleh dinosaurus.

4. Salah Satu Wilayah yang Paling Cepat Panas di Bumi

Semenanjung Antartika adalah wilayah yang tercepat panas di Bumi. Dalam 50 tahun akhir, temperatur rerata di Semenanjung Antartika sudah bertambah 3 derajat Celcius atau 5 kali lipat dari kenaikan rerata di Bumi.

5. Tidak Ada Zone Waktu di Antartika

Di Kutub Selatan, garis bujur yang memberikan kita zone waktu berlainan di penjuru dunia, semua berjumpa pada sebuah titik. Beberapa periset yang bekerja di Antartika, biasanya tinggal di zone waktu negara tempat mereka pergi.

Baca Juga  Langkah Kirim Video Durasi waktu Panjang Gunakan WhatsApp

6. Semua Jalan ialah Utara

Bila Anda berdiri di Kutub Selatan, memiliki arti Anda ada di titik paling selatan di Bumi. Ke mana saja Anda menyaksikan, Anda akan menyaksikan utara. Lantas, kenapa Semenanjung Antartika disebutkan sebagai Antartika Barat dan bangian langsung selatan Australia disebutkan sebagai Antartika Timur?

Ini mengarah pada meridian khusus, garis imajiner yang melalui Greenwich, Inggris pada 0 derajat bujur. Bila Anda berdiri di Kutub Selatan dan menghadap Greenwich, semuanya yang berada di samping kiri Anda ialah Antartika Barat dan yang di samping kanan ialah Antartika Timur.

7. Ada Gunung Berapi Aktif di Antartika

Dua gunung berapi di Antartika yang aktif di Antartika ialah Gunung Erebus dan gunung berapi di Decepticon Island, sebuah kaldera vulkanik di Kepulauan Shetland Selatan.

8. Air Terjun Darah

Air yang mengucur dari dalam gletser datang dari danau Subglasial yang tinggi garam dan besi teroksidasi, hingga saat berjumpa dengan oksigen besi berkarat, berwarna bakal menjadi merah menonjol. Air warna merah menonjol pada akhirnya diberi nama Air Terjun Darah.

9. Kesepakatan Antartika

Pertama kalinya diketemukan pada 1820, Antartika ialah salah satu benua tanpa warga asli. Beberapa negara juga secara cepat mengeklaim Antartika sebagai negara mereka.

Saat kemelut bertambah, seluruh orang setuju mengenai resolusi nyaman. Pada Desember 1959, 12 negara tanda-tangani Kesepakatan Antartika yang atur benua itu untuk perdamaian dan riset ilmu dan pengetahuan. Semenjak itu, 41 negara yang lain turut tanda-tangani kesepakatan dan berperan serta dalam tatap muka tahunan.

10. Debu Berlian di Udara

Walau curahan hujan di Antartika Kutub Selatan rendah, tapi fenomena meteorologi terjadi dan debu berlian ialah satu diantaranya. Debu berlian dibuat dari kristal es kecil yang terendap dari udara lembab di dekat permukaan bumi.

Baca Juga  Apa Saja Kelebihan Dari Website Niche Tehnologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *